http://putriomsima.blogspot.com/
Hati adalah tempat kita berdiskusi,,,Pungsikan hati untuk melihat dan memahami keadaan yang ada di sekitar kita...

Rabu, 06 Juli 2011

Masalah

Setiap aktivitas yang di lakoni dalam kehidupan sehari-hari, pastilah kita selalu berhadapan dengan yang namanya masalah. Kata "masalah" adalah suatu kata yang sudah tidak asing lagi kedengannya. Di setiap pertemuan, di setiap perjumpaan yang selalu di bahas dan di perbincang oleh orang pastilah suatu masalah. Kedengarannya kata "masalah" adalah suatu kata yang begitu memberatkan buat seseorang. Kenyataannya masalah memang merupakan suatu beban yang harus di pikul dan pecahkan persoalannya. Bahkan tak heran jika seseorang sering memgambil jalan pintas untuk keluar dari suatu masalah, ada yang mengalami stres, gila, bahkan sampai bunuh diri segala. Tapi jalan pintas seperti itu bukanlah suatu penyelesain untuk keluar dari suatu masalah, justru masalah baru yang akan muncul dan bisa melibatkan banyak orang.


Sebetulnya,, masalah bukanlah suatu beban yang memberatkan dalam kehidupan kita, bukan pula sesuatu yang harus di takutkan. Namun ini adalah suatu pelajaran dan pendidikan dari Allah. Sesungguhnya itu adalah suatu cara dari Allah untuk menaikan kwalitas kita. Suatu pelajaran bagaimana kita menangani masalah berbekal keyakinan dan kemantapan hati. Menangani masalah bukanlah dengan cara mengambil keputusan tanpa dasar dan tanpa ada alasan, dan bukan pula karna suatu ketakutan atau tekanan dari pihak lain. Seperti kutipan " Tidaklah masalah menimpa suatu kaum melebihi kemampuan kaum itu". Nah, di sini kita bisa simpulkan bahwa Allah itu tidak akan melimpahkan msalah itu kepada umatnya melibihi kemampuan yang telah di berikan kepada umatNYA. Jadi kita itu tak perlu takut dan cemas menghadapi suatu masalah itu selagi apa yang telah kita lakukan dan perbuat itu sesuai dengan aturan dan ajaran yang berlaku.

Akan tetapi,, yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari itu adalah tiada ruang dan waktu tanpa masalah. Besar atau kecilnya masalah yang di hadapi itu tergantung pada bagaimana cara kita menyikapi suatu masalah itu. Pada intinya berusahalah menangani suatu masalah itu dengan bijaksana, pecahkanlah suatu masalh itu dengan orang-orang yang berkopeten di bidangnya dan diskusika sesuai aturan yang berlaku. Karna kodrat kita sebagai manusia yang tidak luput dari sifat kilaf dan silap, maka berhati-hatilah memposisiskan suatu masalah itu sesuai dengan forsinya. Berusahalah membedakan mana masalah yang sifatnya pribadi dan mana masalah yang sifatnya umum.Di sinilah ketelitian kita di tuntut agar kita tidak mencampuradukkan semua masalah itu.

Dalam bersosialisasi kita dihadapkan dengan beribu macam masala mulai dari masalah pribadi, masalah rumah tangga, masalah kantoran ataupun masalah yang terjadi dalam masyarakat. Maka dari itu pergunakanlah logika dan akal sehat kita, dan janganlah sekali kali mengambil jalan pintas seperti yang di larang oleh Alllah..Pada umumnya segala sesuatu yang di larang oleh Allah itu adalah dosa besar, apa lagi yang namanya bunuh diri.Dari u\itu mari kita sikapi masalah kita dengan bijak..>>>>

3 komentar:

  1. pernah saya membawakan materi problem solving and making decision tapi saya hanya bisa mengajarkan orang tanpa mengaplikasikan pada diriku sendiri..

    jadikanlah masalah bukan sebagai masalah .. #pegang pundak sambil tersenyum.

    BalasHapus
  2. Rhyfhad @..Jadikanlah masalah bkn sbg masalah, kutipan yang mantap ! Memang begtu shrsnya,masalah bukan untuk di takuti atau d hindari.

    Kalau tentang pengaplikasian ilmu pada diri kita,, kebanyakan dari kita mmg tdk menyadari apakah ilmu yg kita miliki telah kita terapkan atau tdk pd diri kita..saya rasa yg akan menilai dan mengamati tentang hal itu pastilah orang lain..karena yg akan menilai diri kita itu bukanlah kita, tapi orang lain...heeee thank'S ya commennya..

    BalasHapus
  3. MASALAHNYA MANUSIA ITU SENDIRI TAK MAU MENYADARI.,.,?

    BalasHapus

Komentar anda yang berupa saran ataupun kritikan adalah masukan untuk sempurnanya postingan ini. Terimakasih telah berkomentar..!!